Cara Install Apache di OS Ubuntu (VPS)



Cara Install Apache Di Ubuntu - Halo Teman-teman! Anda sudah tahu apa itu web server bukan? Nah panduan ini menjelaskan cara menginstal Apache di Ubuntu. Sebelum mengikuti panduan ini, pastikan Anda menggunakan sistem operasi Ubuntu  di cloud VPS. Karena jika Anda menggunakan sistem operasi yang berbeda, ada beberapa langkah yang tidak tepat. Satu hal lagi: pastikan Anda sudah mengetahui dasar-dasar Linux atau cara mengontrol VPS dari jarak jauh di cloud.

Cara Install Apache di Ubuntu

Adapun cara install apache di ubuntu yuk lansung aja simak,

1. Akses Cloud VPS melalui SSH

Akses Cloud VPS Anda melalui SSH. Remote Cloud VPS dapat dilakukan melalui Terminal di Linux atau Putty di Windows. Masukkan alamat IP Cloud VPS dan kata sandi Anda. Jika Anda tidak memahaminya, Anda dapat membaca Panduan VPS Cloud Jarak Jauh.

2. Instal Apache2 di Cloud VPS

Ketik :

apt-get install apache2

Kemudian tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.

3. Cek Apakah Service Sudah Jalan
Ketik 
apache2ctl configtest

Untuk memeriksa apakah layanan Apache2 berjalan atau tidak, Anda dapat mengetikkan perintah berikut. Jika sudah ok, berarti Apache telah berhasil terinstall di Cloud VPS.

4. Start, Stop dan Restart Apache2

Untuk menghidupkan service Apache silakan tulis,

service apache2 start

Jika ingin mematikan service Apache silakan tulis,

service apache2 stop

Untuk merestart Apache silahkan tulis,

service apache2 restart

Proses reboot biasanya diperlukan ketika beberapa pengaturan Apache diubah. Jika Anda ingin menjalankan, pastikan untuk selalu memulai atau reboot.

5. Mengubah Server Name di Cloud VPS

Untuk diarahkan ke Cloud VPS, Anda harus mengubah nama server di file konfigurasi Apache atau Httpd. Caranya masuk ke folder /etc/apache2/ dengan perintah,

cd /etc/apache2/

Kemudian untuk melihat isi folder silahkan menggunakan perintah ls. Maka akan muncul file apache2.conf

Untuk mengubah Server Name, Server Alias, kamu bisa menggunakan editor seperti nano atau vim. Silakan tulis perintah seperti berikut ini :

nano apache2.conf

Kemudian isi file apache.conf akan ditampilkan. Di bagian Pengaturan Global, itu disebut ServerName. Pastikan untuk menghilangkan tanda pound (#) di depan teks ServerName, lalu masukkan alamat IP  Cloud VPS. Kemudian simpan. Jika tidak ada nama server yang dimasukkan, tambahkan sendiri.

*Catatan: Jika menggunakan aplikasi nano, maka silahkan klik kanan paste. Kemudian save dengan cara menekan ctrl+x lalu tekan “Y” dan enter.


Sangat mudah, bukan? Cara menginstal Apache di Ubuntu untuk membuat server web pada VPS di cloud. Setelah itu Anda dapat menginstal PHP, MySQL bersama dengan phpMyAdmin.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama